Memancarkan Indahnya Islam

3 Jenis Cinta Manusia Kepada Rasulullah SAW

Advertisement

3 Jenis Cinta Manusia Kepada Rasulullah SAW - Mencintai Rasulullah adalah suatu ibadah. Banyak sekali cara yang digunakan manusia untuk menunjukkan cintanya kepada Rasul. Dengan menjalankan sunnah-sunnahnya, dengan banyak membaca sholawat dan salam untuk untuk Rasul.

3 Jenis Cinta Manusia Kepada Rasulullah SAW


Tapi tahukah anda bahwa ada 3 jenis cinta manusia kepada Rasul? 3 jenis cinta ini mengikuti jenis cinta 3 orang pada jaman Rasul. Mereka adalah orang-orang dekat Rasulullah. Siapa saja mereka?

1 ) Cinta Abu Lahab kepada Nabi

Abu Lahab mencitai manusia yang bernama Muhammad sejak bayi . Bahkan dialah diantara orang yang bergembira dengan kelahiran Nabi . Segerasetelah  kelahiran bayi mulia itu , Abu Lahab lah yang mencarikan  ibu susu bernama Thuwaibah yang merupakan hambanya kepada bayi tersebut . Sejak kecil sampai Baginda Muhammad SAW dewasa , Abu Lahab tidak ada masalah dengan Nabi . Tetapi ketika Nabi Muhammad sallAllahu ` alaihi wa sallam mengumpulkan anggota keluarga untuk mengajak  mentauhidkan Allah dan berserah diri kepadaNYA , Abu Lahablah dengan kelancangan mulutnya telah mencela  Baginda dan berbagai upaya dilakukan untuk mengagalkan dakwah Nabi. ALLAH tidak ridha dengan Abu Lahab . Dan tempatnya adalah neraka!

Cinta jenis begini ada sejak dahulu sampai sekarang . Manusia - manusia jenis ini mengaku mencintai Nabi , tetapi dalam waktu yang sama , merekalah yang membangkang dan menentang usaha - usaha untuk membawa ajaran Islam ke dalam masyarakat. Mereka sama seperti Abu Lahab .

2 ) Cinta Abu Thalib kepada Nabi

Abu Talib cinta kepada Muhammad sallAllahu ` alaihi wa sallam. Bahkan dia telah membela dan melindungi Nabi sejak kecil hingga Abu Thalib sendiri meninggal dunia pada usia sekitar 80 tahun (kurang - lebih ) . Tetapi ketika Nabi Muhammad sallAllahu ` alaihi wa sallam mengajak Abu Thalib agar mentauhidkan Allah dan berserah diri kepadaNYA , Abu Thalib memberikan banyak alasan . Abu Talib tidak terima dakwah Nabi , tidak ikut ajaran Nabi dan dalam waktu yang sama tidak pula dia menentang dan membangkang . ALLAH tidak meridhoi dia . Ke neraka juga dia akhirnya !

Cinta jenis begini juga ada sejak dulu . Mereka mengaku mencintai Nabi Muhammad sallAllahu ` alaihi wa sallam , bahkan jika nama Nabi dihina dan gambar Nabi hinakan , mereka akan bangkit membela dan menyatakan kegeramannya . Tapi sayangnya , ajaran - ajaran Nabi tidak juga dihayati dan diambil sepenuhnya . Mereka tidak mau melaksanakan ajaran Nabi . Mereka sekadar cinta saja . Mereka persis Abu Talib .

3 ) Cinta Abu Bakar radhiallahu `anhu kepada Nabi

Abu Bakar radhiallahu `anhu sangat mencintai Nabi Muhammad sallAllahu ` alaihi wa sallam. Dia bukan sekedar  cinta , tapi membela ,melindung dan berkorban untuk Nabi . Dan yang lebih istimewa dan bermakna ialah beliau ikut seruan Nabi Muhammad sallAllahu ` alaihi wa sallam 100 % . Bahkan setelah Baginda Nabi wafat , beliau terus melanjutkan perjuangan dakwah Nabi untuk mentauhidkan Allah dan berserah diri kepadaNYA . Ketika masih hidup saja  beliau sudah dijamin masuk surga . ALLAH meridhoinya . Dan ke surgalah tempat akhir beliau radhiallahu `anhu .

Cinta jenis ini juga  ada sejak dahulu sampai sekarang . Mereka ini mencintai Nabi Muhammad sallAllahu ` alaihi wa sallam sepenuh hati dan selalu berusaha untuk menghayati semua ajaran - ajaran Nabi . Para sahabat Nabi , tabi ` in , tabi` ut tabi ` in , orang - orang saleh setelah zaman mereka sampai  hari ini selalu menjadi penerus bagi  dakwah Nabi Muhammad sallAllahu ` alaihi wa sallam . Tidak hanya dipraktekkan untuk diri sendiri dan keluarga , bahkan mereka menyebarkan ajaran Nabi yang mulia . Mereka tetap di atas jalan Nabi meskipun lingkungan mereka memilih sebaliknya . Cinta mereka kepada Nabi persis seperti Abu Bakar radhiallahu `anhu , yaitu cinta Nabi dan ikut serta taat kepada ajaran Nabi Muhammad sallAllahu ` alaihi wa sallam .

Lalu, seperti apakah cinta kita kepada Nabi Muhammad sallAllahu ` alaihi wa sallam ??

Marilah kita bersama - sama muhasabah sehingga akhirnya ridho Allah yang kita dapat, dan tempat kita adalah surga, amin ...
3 Jenis Cinta Manusia Kepada Rasulullah SAW Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fatiem

0 comments:

Posting Komentar