Memancarkan Indahnya Islam

Macam-Macam Siksa Di Neraka Jahanam

Advertisement

Macam-Macam Siksa Di Neraka Jahanam - Neraka Jahanam  adalah salah satu neraka yang penuh dengan berbagai macam siksa. Celakalah orang akhirnya masuk ke dalamnya. Apalagi kalau dia berada di dalamnya selama-lamanya. Na’udzubillah… semoga kita tidak termasuk di dalamnya. Lalu siapa orang-orang yang akan masuk ke neraka Jahanam ini dan seperti apa siksanya? Berikut ini informasi dari hadis-hadis Nabi SAW:

Macam-Macam Siksa Di Neraka Jahanam


1 . Azab bagi Orang Kafir

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu , Rasulullah shallallahu ' alaihi wassalam bersabda :
" Sesungguhnya , tebal kulit seorang kafir ( di neraka ) adalah 42 hasta ukuran orang kuat yang besar . Giginya sebesar gunung Uhud , dan sungguh tempat duduknya dia di Jahannam seluas Makkah dan Madinah . " ( HR. At - Tirmidzi dan al - Hakim . Lihat Shahihul Jami ' no . 2110 )

Namun , karena dahsyatnya neraka , kulit tersebut matang ketika terbakar . Allah Subhanallahu wa Ta'ala berfirman :

" Sesungguhnya orang - orang yang kafir terhadap ayat - ayat Kami , kelak akan Kami masukkan mereka ke dalam neraka . Setiap kali kulit mereka hangus , Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain , supaya mereka merasakan azab . Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana . " ( An - Nisa : 56 )

2 . Orang yang paling mengerikan siksanya

Dari Ibnu Mas'ud radhiyallahu ' anhu , Rasulullah shallallahu ' alaihi wassalam berkata :

" Orang yang paling mengerikan siksanya pada hari kiamat adalah orang - orang yang menggambar ( makhluk bernyawa ) . " ( HR. Ahmad . Lihat Shahihul Jami ' no . 1559 )

Dari Ibnu Mas'ud radhiyallahu ' anhu juga , Rasulullah shallallahu ' alaihi wassalam berkata , " Sesungguhnya orang yang paling mengerikan siksanya pada hari kiamat adalah seseorang yang membunuh nabi atau dibunuh oleh nabi , dan seseorang yang membuat berhala . " ( HR. Ahmad . Lihat Shahihul Jami ' no . 1011 )

Dari Khalid bin Walid Radhiyallahu ' anhu , Rasulullah shallallahu ' alaihi wassalam berkata , " Manusia yang paling mengerikan siksanya adalah orang yang paling bengis ketika menyiksa manusia di dunia . " ( HR. Ahmad . Lihat Shahihul Jami ' no . 1009 )

3 . Azab bagi orang yang berbuka di bulan Ramadhan sebelum waktunya

Dari Abu Umamah al - Bahili ra , Rasulullah shallallahu ' alaihi wassalam berkata , " ... Kemudian keduanya membawaku , ternyata ada satu kaum yang digantung dalam keadaan kaki di atas dan mulut mereka robek - robek . Darah mengalir dari mulut mereka . Aku berkata , ' Mereka adalah orang yang berbuka di bulan puasa sebelum dihalalkan berbuka ' . " ( HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban . Lihat ash - Shahihah no 3951 , dinyatakan shahih oleh asy - Syaikh Muqbil dalam ash - Shahihul Musnad )

4 . Azab bagi pezina

Masih hadits dari Abu Umamah al - Bahili ra , Rasulullah shallallahu ' alaihi wassalam berkata , " ... Kemudian keduanya membawaku , ternyata ada satu kaum yang tubuh mereka sangat besar , bau tubuhnya sangat busuk , paling buruk dipandang , dan bau mereka seperti bau tempat pembuangan kotoran ( comberan ) . Aku tanyakan , ' Siapakah mereka ? ' Keduanya menjawab , ' Mereka adalah pezina laki - laki dan perempuan ' . " ( HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban . Lihat ash - Shahihah no 3951 , dinyatakan shahih oleh asy - Syaikh Muqbil dalam ash - Shahihul Musnad )

5 . Azab bagi wanita yang tidak ingin menyusui anaknya

Pada lanjutan hadits Abu Umamah al - Bahili ra di atas , Rasulullah shallallahu ' alaihi wassalam berkata , " ... Kemudian keduanya berangkat membawa , ternyata ada wanita - wanita yang puting susu mereka digigit ular . Aku bertanya , ' Siapa mereka ? ' Keduanya menjawab , ' Mereka adalah wanita yang tidak ingin memberikan air susu mereka kepada anak - anak mereka ' . " ( HR. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban . Lihat ash - Shahihah no 3951 , dinyatakan shahih oleh asy - Syaikh Muqbil dalam ash - Shahihul Musnad )

Rasulullah shallallahu ' alaihi wassalam mengabarkan bahwa jika ular di neraka menyengat satu gigitan , akan menyebabkan panas demam selama empat puluh musim . Demikian juga kalajengking di neraka , ketika menggigit satu gigitan akan menyebabkan panas demam selama empat puluh musim . ( HR. Al - Baihaqi , lihat ash - Shahihah no . 3429 )

6 . Azab bagi peminum arak ( minuman keras )

Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Musa Al - Asy'ari radhiyallahu ' anhu , bahwa Nabi shallallahu ' alaihi wassalam bersabda ,

" Ada tiga macam manusia yang tidak masuk surga , peminum arak , pemutus silaturahmi , dan orang yang percaya sihir . Barangsiapa mati sebagai peminum arak , maka Allah memberinya minum dari sungai Ghuthah . Seseorang bertanya , ' Apa itu sungai Ghuthah ? ' Rasul menjawab , ' Sungai yang mengalir dari kemaluan para pelacur . Para penghuni neraka lain merasa terganggu oleh bau kemaluan mereka ' . " ( HR. Ahmad dalam Musnad 4 / 399 )

7 . Azab bagi pemilik harta yang tidak menunaikan zakatnya

Dalam Shahih Al - Bukhari ada riwayat dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu , sabda Rasulullah shallallahu ' alaihi wassalam ,

" Tidak seorang pun pemilik harta yang tidak menunaikan zakatnya , kecuali hartanya kelak akan diperlihatkan di hadapannya dalam wujud seekor ular botak . Ular itu memiliki dua titik hitam di atas matanya . Dia mematuk pangkal dagu orang itu seraya ia berkata , " Akulah hartamu , akulah simpananmu . " ( HR. Al - Bukhari dalam shahihnya 6 / 39 cet . Asy - Sya'b )

Dalam riwayat lain diceritakan , " Orang itu lari menghindarinya , tapi ular itu mengejarnya . Lalu dia berlindung darinya , tapi ular itu mematuk tangannya dan melilitnya . "

8 . Azab bagi orang yang ucapannya tidak sesuai dengan perbuatannya

Dari Usamah bin Zaid , ia berkata : Aku mendengar Rasulullah shallallahu ' alaihi wassalam bersabda :

" Akan didatangkan seseorang kemudian dia dilemparkan ke neraka . Maka dia di sana berputar seperti berputarnya keledai di tempat penggilingannya , hingga para penduduk neraka berkumpul mengelilinginya . Mereka berkata kepadanya : " Wahai fulan , bukankah engkau dulu di dunia yang menyuruh kami ke yang baik dan melarang kami dari yang mungkar ? " Usamah mengatakan , dia menjawab : " aku dulu menyuruh kamu kepada yang baik ( tapi ) aku tidak melakukannya . Dan aku melarang kamu dari yang buruk , ( tapi ) aku melakukannya . " ( Shahihul Jami ' )

Dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah shallallahu ' alaihi wassalam bersabda :

" Pada malam Isra ' aku dibawa ke beberapa kaum yang lidah mereka dipotong dengan gunting api . Setiap kali selesai dipotong , lidah itu kembali lagi . Aku berkata : " Siapa mereka itu , wahai Jibril ? " Jibril berkata : " Mereka adalah para pembicara dari kalangan umatmu yang mereka mengucapkan apa yang tidak mereka lakukan dan mereka membaca Kitabullah , tapi tidak mengamalkannya . " ( Shahihul Jami ' : 128 )

9 . Azab bagi orang yang mati bunuh diri

Diriwayatkan oleh Bukhari ( 5778 ) dan Muslim ( 158 ) dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu , ia berkata : Bersabda Rasulullah shallallahu ' alaihi wasallam :

" Siapa yang bunuh diri dengan besi di tangannya , dia ( akan ) menikam perutnya di dalam neraka jahannam yang kekal ( nantinya ) , ( dan ) dipertahankan di dalamnya . Dan siapa yang meminum racun lalu bunuh diri dengannya , maka dia ( akan ) meminumnya perlahan - lahan di dalam neraka jahannam yang tetap , ( dan ) dipertahankan di dalamnya . dan barangsiapa yang bunuh diri dengan menjatuhkan dirinya dari atas gunung , dia akan jatuh ke dalam neraka jahannam yang kekal ( dan ) dipertahankan di dalamnya selama - lamanya . "

Diriwayatkan pula oleh Bukhari dan Muslim dari Tsabit bin Dhahhak radhyiallahu ' anhu , bahwa Rasulullah shallallahu ' alaihi wasallam bersabda :

" Siapa yang membunuh dirinya dengan sesuatu di dunia , maka dia disiksa dengan ( alat tersebut ) pada hari kiamat . "

10 . Penduduk neraka yang paling ringan siksaannya

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu , Nabi shallallahu ' alaihi wassalam berkata , " Sesungguhnya penduduk neraka yang paling ringan siksanya adalah seseorang yang dipakaikan kepadanya dua sepatu dari api neraka , lantas mendidih otaknya karenanya . " ( HR. Ahmad dan al - Hakim , lihat ash - Shahihah no . 1680 )

Demikianlah pembaca , azab bagi beberapa penghuni neraka . Dan penyebutan macam - macam siksaan di atas bukanlah bersifat membatasi , karena seperti kita ketahui dalam hadis Isra ' Mi'raj yang panjang , Rasulullah shallallahu ' alaihi wassalam diperlihatkan beberapa orang yang tengah disiksa di neraka .

Dia melihat orang - orang yang mengambil harta anak yatim secara sewenang - wenang , yang memiliki bibir seperti bibir unta . Mereka mengambil sepotong api neraka langsung dengan bibirnya itu , lalu api itu keluar lagi dari duburnya . Dia melihat orang - orang yang suka mengambil riba . Mereka memiliki perut yang besar , sehingga tidak beranjak dari tempatnya karena perutnya yang membesar itu . Para pengikut Firaun melewati mereka tatkala digiring ke neraka , lalu mereka melemparkan orang - orang yang mengambil riba ini ke neraka .


Dia melihat para pezina yang membawa daging berminyak yang baik di tangan dan di sebelahnya ada daging jelek dan busuk . Mereka mengambil daging yang busuk itu dan membiarkan daging yang baik . Dia juga melihat para wanita yang suka memasuki tempat tinggal kaum laki - laki yang bukan anak - anaknya . Dia melihat para wanita itu bergelayutan pada payudaranya . Na'udzubillahi min dzalik ..
Macam-Macam Siksa Di Neraka Jahanam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fatiem

0 comments:

Posting Komentar