Memancarkan Indahnya Islam

Manfaat Minum Air Putih Ketika Sahur

Advertisement

Kegiatan Sahur  sangatlah dianjurkan bagi kita para shaaimiin (orang-orang yang berpuasa). Dan sahur hukumnya adalah sunat. Maka meski kita kuat melakukan puasa tanpa sahurpun kita tetap dianjurkan untuk sahur meski hanya dengan seteguk air.

Manfaat Minum Air Putih Ketika Sahur

Diriwayatkan Ahmad dari Abu Sa'id bahwa Rasulullah saw bersabda yang artinya:
"Sahur itu adalah suatu berkah. Maka janganlah kamu meninggalkannya meskipun dengan hanya meneguk air seteguk, karena Allah dan para malaikat bershalawat atas orang-orang yang sahur. "

Sunah bersahur ini membedakan puasa cara Islam dengan puasa agama dan bangsa lain di dunia ini. Diriwayatkan oleh Muslim dari Amr bin Ash, bahwa Rasulullah SAW  bersabda: "Yang menbedakan antara puasa kita dengan puasa Yahudi Nashara (ahli kitab) adalah makan sahur. "

Begitu kuat penekanan dari Rasulullah saw kepada kita agar bersahur sehingga kalau dirasa tidak bisa makan karena sudah  kenyang atau sebab  lain,  cukuplah dengan hanya seteguk air.

Apa Fungsi Air bagi kita?

Penekanan tegas Nabi agar seteguk air pun baik untuk bersahur jika kita rasa tidak akan makan menunjukkan bahwa kehadiran air dalam tubuh kita telah diketahui sangat pentingnya oleh Rasulullah saw.
Dan ilmu kedokteran telah lama menuliskan ini dalam buku-buku medis.

Air dan Fungsinya.

Air sangat penting bagi tubuh. Air berfungsi sebagai pelarut dan juga sebagai 'pengakutan nutrisi' anorganik. Air diperlukan dalam pembentukan struktur jaringan seperti darah sempurna, otot dan tulang.

Minum Air waktu Sahur

Penguapan air dari kulit dan pernafasan keluar air ke udara dari paru penting untuk penjaga aturan suhu tubuh. Air mentransfer suhu dari satu bagian tubuh kebahagian lain; di mana perpindahan air ini menstabilkan suhu tubuh. Tubuh menggunakan air untuk memungkinkan ginjal berfungsi secara normal. Kebanyakan zat sisa metabolisme tubuh dikeluarkan melalui ginjal.

Cairan tubuh menjadi media (perantara) untuk enzim dalam keadaan larut, hormon dan koenzim. Enzim adalah protein yang memulai dan mempercepat reaksi.

Hormon adalah sekresi kelenjar yang bertindak sebagai pengutus bagi  organ tubuh dengan merangsang beberapa proses kehidupan dan menghambat yang lain. Koenzim adalah bagian enzim yang diperlukan untuk aktivasi molekul protein untuk membentuk satu enzim yang sempurna. Air juga membantu menyelenggarakan keseimbangan elektrolit dan juga bertindak sebagai pelumas dalam pencernaan serta proses-proses lain dalam tubuh.

Air Liur

Air liur memfasilitasi pengunyahan dan penelanan. Kadar air liur selalu harus cukup. Kadar aliran air liur yang rendah (kadar air liur istirahat secara rata-rata adalah 0.208 ml / menit, dapat meningkatkan kejadian karies (caries) karena mengganggu pembuangan sisa-sisa makanan kariogenik di dalam mulut. (Karies-kebusukan dan luluhan bahan pada gigi).

Air liur yang disekresikan dalam keadaan biasa sedikit saja mengandung glukosa dan tidak ada sukrosa. Bila makanan yang kaya dengan gula dimakan konsentrasi gula dalam air liur meningkat lebih dari 1 mg / ml sehingga menghasilkan pH yang cukup rendah untuk memulai pendemineralan gigi. Dengan itu, konsumsi makanan yang kaya dengan gula dan tingkat aliran air liur yang rendah membuat gula menjadi tersedia ada pada mikroorganisme dalam jangka waktu yang panjang sehingga dapat menghasilkan asam yang cukup untuk memungkinkan karies gigi berkembang.

Disinilah saran Rasulullah s.a.w. agar kita berbuka dengan sedikit makanan manis seperti kurma adalah satu rekomendasi yang baik untuk kesehatan tubuh sekaligus merupakan saran yang ilmiah.!

Minum Air Waktu Sahur

Mengingat pentingnya air dalam kehidupan manusia, tidaklah heran mengapa tanpa air dalam beberapa hari dapat menyebabkan kematian. Kita mungkin sudah terbaca berita bagaimana beberapa orang korban gempa bumi di Turki baru-baru ini ditemukan masih hidup meskipun sudah tertimbun dalam tanah dan reruntuhan bangunan lebih sepuluh hari - mereka itu masih hidup karena dapat minum air sedikit dari aliran dan tetesan air hujan yang ada. Bahkan di Taiwan korban gempa bumi yang ditemukan masih hidup dalam kondisi yang sama menceritakan bagaimana mereka dipaksa minum air kencing sendiri selain dari tetesan air di bumi. Ini menunjukkan bahwa manusia dapat bertahan hidup tanpa makan tapi harus ada air.

Dalam kondisi normal, sebanyak tiga liter air hilang dari tubuh setiap hari. Sebagian dikeluarkan sebagai urin, melalui kulit, paru-paru dan najis. Jadi, sekitar tiga liter harus diambil setiap hari untuk menggantikan apa yang telah dikeluarkan. Sumber air adalah dari minuman, hasil oksidasi makanan dan makanan basah. Air dari oksidasi makanan dan bahan makanan basah dirujuk sebagai air metabolik.

Minum Air Sihatkan Tubuh-Jauhkan Penyakit.

Ulasan sains menunjukkan bahwa meskipun satu dari sebab sesuatu penyakit dalam tubuh kita adalah karena kehadiran kuman, bakteri dan lain-lain unsur luar. Tapi penyebab akar rumput adalah karena sistem drainase dalam tubuh yakni sistem aliran darah dan lain-lain sistem ekskresi telah tersumbat dengan banyaknya bahan toksid dan lain-lain bahan kotor yang ada karena makan terlalu banyak sehingga tidak sempat dihazamkan; kurang minum air, kurang makan sayur dan buah-buahan.

Cara yang paling baik adalah minum air bersih setiap hari dan minum jus buah (buat sendiri di rumah untuk menghindari campuran bahan lain di toko.) Minum air yang banyak dapat menyebabkan sistem yang tersumbat dalam tubuh dibersihkan dan terkeluarnya bahan yang tidak diperlukan termasuk bahan toksid.

Orang yang puasa harus banyak minum air saat sahur dan berbuka. Kurangnya air dalam tubuh dapat menyebabkan dehaidrasi (dehyration) - kekeringan tubuh.

Maka itulah sebabnya agama Islam memastikan bahwa perintah puasa sesuai dengan fitrah penciptaan manusia-hanya berpuasa dari Subuh hingga Maghrib. Ini sekaligus menghindari dari bahaya dehaidrasi dan lain-lain penyakit.

Inilah sebabnya kita disuruh berbuka dengan minum air dan makan bahan makanan manis sedikit. Dan inilah juga yang membedakan puasa umat Islam dengan puasa bangsa-bangsa lain.


Mari kita berpuasa sebagaimana Nabi kita berpuasa: pasti kita aman dan sehat.
Manfaat Minum Air Putih Ketika Sahur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fatiem

0 comments:

Posting Komentar