Memancarkan Indahnya Islam

Siapakah Lukman al-Hakim Yang Dikisahkan Dalam Al-Qur’an?

Advertisement

Allah SWT mengabadikan nama Lukman dalam kisah yang ada dalam al-Quran. Nama yang diabadikan dalam al-Qur’an tentulah bukan nama sembarangan. Pastilah dia orang yang istimewa yang melebihi kebanyakan orang. Allah berfirman:

Dan sesungguhnya kami (Allah) telah menganugerahkan hikmah (kebijaksanaan) kepada Luqman: Hendaklah engkau bersyukur kepada Allah! Dan barang siapa yang bersyukur, maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri, dan barang siapa kufur sesungguhnya Allah itu kaya lagi terpuji. “ (Surah Luqman; ayat 12)

Siapakah  Lukman al-Hakim Yang Dikisahkan Dalam Al-Qur’an?

Siapakah sebenarnya Lukman al-Hakim?

Luqman al-Hakim (Luqman yang bijaksana) adalah anak ke Faqhur bin Nakhur bin Tanggal (Azar), oleh itu Luqman adalah anak saudara kepada Nabi Ibrahim as atau dikatakan juga dia anak saudara kepada Nabi Ayub as

Luqman di katakan hidup selama seribu tahun sehingga dapat menemui zaman kebangkitan Nabi Daud as bahkan pernah menolong Nabi Daud as memberikan hikmah atau kebijaksanaan. Dia pernah menjadi qadi, yakni hakim untuk mengadili sidang kaum Bani Israel.

Para ulama sepakat mengatakan Luqman itu seorang ahli hikmah (bijaksana) bukan seorang nabi kecuali Ikrimah dan Assyi'bi saja mengatakannya nabi karena lafaz hikmah dalam ayat ini diartikan "kenabian". Dan dikatakan ketika Luqman disuruh memilih hikmah dengan Nubuwwah (Kenabian) dipilihnya hikmah.

Ada diceritakan, bahwa Luqman telah tidur di siang hari lalu terdengar suara memanggilnya: "Hai Luqman! Maukah kalau Allah jadikan engkau khalifah di bumi yang memerintah manusia dengan hukum yang benar? "Jawabnya" Kalau Tuhanku menyuruh memilih, akan aku pilih Afiat (aman) dan aku tidak ingin bala’. Tetapi jika ditugaskan juga aku akan taat karena aku tahu bahwa Allah kalau mengatur sesuatu kepadaku Dia pasti akan menolong dan memeliharaku.

Kemudian para malaikat pun bertanya "Hai Luqman! Apakah engkau suka diberi hikmah? "Luqman menjawab: sesungguhnya seorang hakim posisinya berat, dia akan didatangi oleh orang-orang yang teraniaya dari segenap tempat. Kalau hakim adil akan selamat, jika salah jalan ke neraka. Siapa yang kondisinya hidup di dunia, itu lebih baik dari dia menjadi mulia. Dan siapa yang memilih dunia melebihi akhirat, akan terfitnah oleh dunia dan tidak mendapatkan akhirat”

Malaikat takjub mendengar kata-kata Luqman. Ketika Luqman tertidur, dia dikaruniai hikmah, lalu terjaga dan berbicara dengan kata-kata yang berhikmah.

Ada pula diceritakan bahwa Luqman itu seorang hamba bangsa Habsyi, kerjanya sebagai tukang kayu dan gembala kambing. Ketika bertemu seorang pria dia berbicara penuh hikmah sehingga pria itu takjub lalu bertanya "bukankah engkau seorang gembala kambing?" Luqman menjawab "benar". Lalu tanya pria itu "bagaimana engkau mencapai posisi begini?" Luqman menjawab "Aku mendapatkan dengan berbicara benar, memelihara amanah dan tidak mau tahu apa yang bukan urusanku ".

Beberapa ulama 'mengatakan Luqman seorang hamba hitam dari Sudan Mesir, bibirnya tebal dan telapak kakinya retak-retak. Juga dikatakan bahwa sebaik-baik orang Sudan itu 3 orang yaitu Bilal bin Robah, Mahja' hamba sayidina Umar dan Luqman. Orang keempatnya adalah an-Najasyi raja Ethiopia yang beriman di zaman Nabi saw


Dikutip dari Tafsir al-Quran, Pustaka Mizan, oleh Ahmad Sonhadji Mohamad
Siapakah Lukman al-Hakim Yang Dikisahkan Dalam Al-Qur’an? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fatiem

0 comments:

Posting Komentar