Memancarkan Indahnya Islam

Penyebab Wanita Banyak Sebagai Penghuni Neraka

Advertisement

Ada sebuah pertanyaan yang ditujukan kepada Syeikh Mutawakkil Asy-Sya’rawi, “Wahai syaikh, saya mendengar ada hadits yang mengatakan bahwa penghuni neraka kebanyakan adalah kaum wanita. Mengapa?”

Penyebab Wanita Banyak Sebagai Penghuni Neraka


Pertanyan itu dijawab oleh Syaikh Prof. Dr. M. Mutawalli Asy Sya’rawi –kurang lebih- sebagai berikut:

Memang ada hadits yang menunjukkan hal itu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

وَرَأَيْتُ النَّارَ فَلَمْ أَرَ كَالْيَوْمِ مَنْظَرًا قَطُّ وَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا النِّسَاءَ. قَالُوا: لِمَ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: بِكُفْرِهِنَّ. قِيْلَ: يَكْفُرْنَ بِاللهِ؟ قَالَ: يَكْفُرْنَ الْعَشِيْرَ وَيَكْفُرْنَ اْلإِحْسَانَ، لَوْ أَحْسَنْتَ إِلىَ إِحْدَاهُنَّ الدَّهْرَ، ثُمَّ رَأَتْ مِنْكَ شَيْئًا قَالَتْ: مَا رَأَيْتُ مِنْكَ خَيْرًا قَطُّ
Dan aku melihat neraka. Aku belum pernah sama sekali melihat pemandangan seperti hari itu. Aku lihat ternyata mayoritas penghuninya adalah para wanita.” Mereka bertanya, “Mengapa para wanita menjadi mayoritas penghuni neraka, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Disebabkan kekufuran mereka.” Ada yang bertanya kepada beliau, “Apakah para wanita itu kufur kepada Allah?” Beliau menjawab, “(Tidak, melainkan) mereka kufur kepada suami dan mengkufuri kebaikan (suami). Seandainya engkau berbuat baik kepada salah seorang istri kalian pada suatu waktu, kemudian suatu saat ia melihat darimu ada sesuatu (yang tidak berkenan di hatinya) niscaya ia akan berkata, ‘Aku sama sekali belum pernah melihat kebaikan darimu’.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Karena itu wahai wanita, jika tidak ingin menjadi penghuni neraka, maka hendaklah ia mengingat kebaikan-kebaikan suaminya yang banyak, ketika suatu saat ia mendapatkan perlakuan tidak baik dari suaminya. Ia ridha dengan kesalahan suaminya tersebut, tetap bahagia dan tidak mengkufuri kebaikan-kebaikan suaminya. Jika bisa bersikap demikian, maka dia insya Allah akan menjadi penghuni surga.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

أَيُّمَا امْرَأَةٍ مَاتَتْ وَزَوْجُهَا عَنْهَا رَاضٍ دَخَلَتِ الْجَنَّةَ

"Wanita mana saja yang meninggal dunia, kemudian suaminya merasa ridho terhadapnya, maka ia akan masuk surga" (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah; hasan menurut Tirmidzi).


Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari hadis Nabi di atas dan selamat dari api neraka. (bersamadakwah)
Penyebab Wanita Banyak Sebagai Penghuni Neraka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Fatiem

0 comments:

Posting Komentar